Perjalanan Gila Part 13

Part 1Part 2Part 3Part 4Part 5
Part 6Part 7Part 8Part 9Part 10
Part 11Part 12Part 13Part 14Part 15
Part 16Part 17Part 18Part 19Part 20
Part 21Part 22Part 23Part 24Part 25
Part 26Part 27Part 28Part 29Part 30
Part 31Part 32Part 33Part 34Part 35
Part 36Tamat

Cerita Sex Dewasa Perjalanan Gila Part 13 – BanyakCerita99 – Cerita Sex Dewasa Bersambung – Cerita Sex Terbaru – Cerita Dewasa Terbaru – Cerita Bersambung

Cerita sebelumnya : Cerita Sex Dewasa Perjalanan Gila Part 12

Reason? Well, I’ll Give You One – 2

Gue merengut heran, bertanya-tanya dalam hati. Manda bilang mau beef burger, oke dibeliin. Tapi gue kira dia cuma minta satu, eh taunya minta beliin sepuluh biji—sebelas sama yang dia makan. Bagus gue bawa duit, kalo kagak? Masa mesti nyuci piring atau gadein KTP sih?

Dan begonya gue, nyanggupin aja ngebeliin segitu banyak burger. Padahal, padahal… itu duit jajan gue buat seminggu. Mau bilang apa nanti sama Nyokap? Walah, mampus ini mah.

“Emang lo mau makan segini banyak burger?” tanya gue.

Manda geleng-geleng, terus masukin semua burger yang masih terbungkus ke dalem kantong plastik putih. “Buat dibawa kok, ga semuanya dimakan sendiri. Makasih ya Kak, udah ditraktir,” bales Manda sambil senyum.

Gue sih cuma makan nasi sama ayam paketan, dengan minum cola. Sementara Manda, lebih suka makan burger dan kentang goreng. Katanya sih, makan nasi panas bikin gemuk, soalnya masih mengandung banyak glukosa. Wih, calon anak IPA nih.

“Emang kentang goreng sama burger ga bikin gemuk? Kan itu makanan yang digoreng,” protes gue. Lah iya, emang bener. Minyak itu mengikat lemak coy, jadi sistem pencernaan kita ga bisa gampang menyerap lemak. Yang ada malah bikin lemak numpuk. Gini-gini, dulu SMP gue juga belajar Biologi ya!

“Iya sih, tapi kan aku sukanya sama french fries dan burger, bukan suka nasi. Suka-suka dong,” bales Manda.

“Berarti emang lo aja yang ga doyan nasi, pe’a!”

Kesel gue. Aturan dari tadi mah dia ga usah bilang kalo nasi bikin gemuk. Bilang aja ga suka nasi, ribet amat. Gue ga suka yang ribet-ribet, bikin pusing aja. Sama definisinya kayak cewek di depan gue ini, ribet. Nanti kalo gue kuliah, gue mau ngambil jurusan Bahasa. Terus, gue mau dapet titel sampe Professor. Kalo udah jadi Professor, gue mau ngajuin definisi baru ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Tepatnya, ke bagian ini…

Ribet : Manda, Rumit, Repot..

Jadi, nama dia ada di peringkat pertama dari pengertian ‘ribet’. Nyahahaha…!

“Eh, ngomong-ngomong, lo kemana aja dua minggu ini? Biasanya beredar di sekolah,” tanya gue, ganti ke topik utama.

Denger pertanyaan gue, Manda langsung keselek. Panik, gue buru-buru nyodorin cola ke dia.

“Uhuk, uh.. Ka Febri! Masa dikasih–uhuk, cola sih?”

Eh iya ya, kok gue bego? “Eh-oh, aduh, iya ya. Yaudah, mi-minum aja dulu. Darurat!”

Gue pun buru-buru ke kasir, mesen teh botol sambil bertingkah panik. Pas udah dikasihin teh botolnya, langsung gue balik ke meja terus nyodorin ini botol ke Manda.

“Gimana, enakan?”

Manda mendesah pelan. “Lumayan, udah ga keselek sih. Tapi tadi itu bener-bener ga enak, bikin aku susah nafas.” Dia terus melotot ke gue, “Kak Febri mah, bikin kaget aja! Baka!”

Gue melongo. “Ba-baka?”

“Mmh, itu bahasa Jepang. Artinya…,” dia natap gue malu-malu, “…bodoh.”

“He? Bego, maksudnya?”

“I-iya, gitu deh. Maaf ya Kak, aku kelepasan…”

Dibilang begitu, gue langsung pasang senyum licik. “Iya, jadi kita impas ya. Gue juga minta maaf soalnya tiba-tiba bikin keselek. Tapi, masih berlaku kan pertanyaan gue?”

Manda diem sejenak. Dia mendesah lagi, kali ini lebih berat. Seakan, dia ga pengen jawab pertanyaan gue. “Uuuh, haruskah dijawab?” tanya dia, pake nada yang dibuat ngerajuk.

“Harus. Kali ini gue maksa,” bales gue sambil ngangguk.

“Tapi jangan ketawa ya?”

“Engga.”

“Janji?”

Gue acungin telunjuk dan jari tengah bersamaan—bikin tanda peace. “Suer, disamber toket.”

“Maunya!” Dia terus natap gue, lama banget. “Jadi gini. Aku itu sakit seminggu yang lalu, makanya ga masuk-masuk. Tapi kan udah izin sama wali kelas aku.”

He? Sakit apaan ini anak? “Mana ada orang sakit makannya french fries sama beef burger, minumnya cola?”

“Ish, dengerin dulu!” protesnya. “Maag aku kambuh. Kalo lagi parah-parahnya itu, bisa sampe bikin badan lemes tau. Pas dua hari sakit, akhirnya aku diajak juga ke dokter. Terus dikasih obat maag sama disuruh bedrest, kata dokternya. Eh bener, empat hari bedrest, udah enakan badan aku. Hehehe…

“Tapi…, itu cuma alesan pendukung aja, soalnya waktunya kebetulan bisa ngepas banget. Alesan sebenernya itu…,” Manda ragu-ragu, mau ngelanjutin kata-katanya.

“Alesan sebenernya?”

“A-aku…, duh gimana ngomongnya, ya?” Dia narik nafas panjang, sambil merem. Sikapnya udah kayak pendosa mau ngaku aja. “Inget kejadian di kamar mandi itu?”

Gue ngangguk, tetep pake tampang pengo.

“Nah, i-itu, a-aku… sebenernya aku… m-ma, ma…lu…”

“He?”

“Aku… malu… ke-ketemu Kak Febri… se-semenjak, ke-kejadian itu…”

“Bhuhahahahaha…!!” gue seketika ketawa ngakak, refleks meeen. “Seriusan cuma gara-gara gitu doang, lo sampe ga masuk sekolah? Beneran? Bhuhaha—”

“ISH, JANGAN DIKETAWAIN!” teriak Manda, kenceng banget. Orang-orang di sekitar sampe nengok ke meja kita berdua. “Ka-kan, ja-janjinya ga diketawain tadi! Udah ah, aku bete!”

“Iya, iya…! Ini udah berenti ketawanyaaah…!” Gue coba nahan ketawa sebisanya, tapi emang perut gue sakit banget nahan ketawa, makanya jadi ga bisa nahan lama-lama. Alhasil, gue ketawa lagi. Lebih kenceng dari yang tadi. Iya, langsung sukses ngebikin Manda ngebenamin mukanya yang merona merah di tas ranselnya.

Iseng, gue ngeledekin Manda disela tawa gue. “Duh, padahal udah pake pendingin ruangan ya. Tapi,” gue buka tiga kancing atas seragam gue satu-persatu. “kok masih ngerasa gerah aja sih,” ledek gue, sambil ngelirik nakal ke Manda.

“TUH KAN! MALAH DILEDEKIN, KAN! DASAR KAKAK KELAS JAHAT!”

Tawa gue, makin meledak sekeras-kerasnya. Ngetawain betapa begonya Manda waktu itu, dan muka merahnya yang lagi gue pandangin sekarang. Sementara Manda gembungin pipinya, cemberut sambil natap judes ke gue. Dan hal itu, bikin ketawa gue makin nyaring.

“Ish, pokoknya aku bete! Kak Febri ga ngerti sih gimana rasa—”

Gue langsung berenti ketawa, terus pasang muka datar sambil motong omongannya, “tapi mau gimana pun juga, lo mesti masuk kalo emang udah sehat. Ga masalah lo ga ngerti pelajarannya, tapi absen itu penting. Nanti ga naik kelas gimana? Sayang loh, baru kelas satu…”

“Ga tau, aku jenuh Kak. Aku udah ga tau, alesan apa yang bisa bikin aku semangat ke sekolah,” bales Manda. Gue nangkep ada kesedihan di sorot matanya.

“Pasti ada hubungannya sama yang lo nangis di ruang UKS, bener kan?”

Manda cuma ngangguk, terus diem. Eh, dia geleng-geleng. Terus ngangguk lagi, geleng-geleng lagi, terus nempelin telunjuk di bibirnya sambil natap gue ragu-ragu, dan terakhir geleng-geleng lagi. Abis itu diem. Ga lama, terus dia angkat bahu, sebagai jawaban terakhir buat pertanyaan gue. Emang bener ribet ini cewek, serius deh.

“Sebenernya, gue bukan tipe yang suka ikut campur urusan orang. Tapi,” gue tatap mata dia, tajem, “i’m quite sure you had a lot of rough times ever since those past days. Mikirin hal itu, ganggu gue banget.”

“Gampang. Jangan dipikirin. Ini urusan aku kok,” jawab dia, ketus. “Lagi Kak Febri sok tau banget, i’m fine, really. I’m the most cheerful girl of a newbie first grade, so there’s no need to worry about me.”

Ah, iya. Kata-kata gue nyinggung dia. Kalimat ‘ganggu gue banget’ itu kesannya kasar, padahal bukan itu maksud gue. Duh, Ebi, ga bisa ya pilih kata-kata yang lebih baik? Tapi nanggung, ini anak emang kudunya dikerasin.

“Sori, bukan itu maksudnya. Cuma…, your eyesight speaks a lot, more honest than your lips which speaks lies, i guess. Bibir bisa ngomong lancar kalo lo baik-baik aja, tapi sorot mata itu ga bisa bohong. Sorry to say, lo rapuh. Itu kenyataannya.” Sori ya Man, tapi gue kudu ngomong pedes kali ini. “Gue ngeliat semuanya di UKS waktu itu, dan itu ngejelasin banyak hal tentang lo. Lo bersikap seakan semuanya baik-baik aja, lo pura-pura seneng dengan kehidupan lo ini, pura-pura seneng dengan perlakuan cowok-cowok yang jelas-jelas cuma ngincer badan lo aja, bersikap sok kuat seakan ngeyakinin diri sendiri kalo lo bisa lewatin ini semua, sambil terus pasang topeng muka hepi dan senyum manis yang palsu. Oh, how daring, really.” Gue ga peduli meski nada ngomong gue udah nyinyir, tetep ngelanjutin, “terus kalo lo baik-baik aja, kenapa nangis kalo gitu?”

“Berisik,” jawab dia. Manda ngebuang muka ke arah meja-meja yang kosong, sambil ngelanjutin omongannya, “ini urusan aku. Kak Febri tau apa emangnya?”

“Ga tau, emang. Tapi gue mutusin buat mau tau. Inget kata-kata gue waktu di kamar mandi itu? I will definitely save you, jadi kasih gue kesempatan supaya bisa nolong lo. Ada yang ga beres disini, dan gue ga bisa ngebiarin itu gitu aja.”

“Oh, sekarang ceritanya Kak Febri mau jadi pahlawan, gitu? Great, kita baru kenal beberapa minggu, dan sekarang nambah lagi cowok yang bertingkah jadi pahlawan kesiangan,” bales dia, nyinyir banget. Pedes banget di kuping, buset dah.

“Jangan jadi sok kuat, deh.”

Mata Manda memerah, dan kedua tangannya ngepel kuat-kuat. “Begini ya, senior yang sok tau. Lo bilang, lo dari Jakarta kan? Sekarang gue ngomong pake logat percakapan yang sesuai sama asal lo—dan siapa tau lo kali ini bisa ngerti kalo,” dia ngasih jeda buat narik napas, “GUE, BAIK-BAIK, AJA! Je—las?”

Gue geleng-geleng, “engga. Ga jelas, ga ngerti, dan ga mau ngerti sama sikap pura-pura begitu. Ngapain ngerti—”

“Kehed sia, aing teh udah sabar dari tadi ya,” potong dia. “Mau lo apa sih sebenernya? Hah?! Waktu di kamar mandi, dikasih badan ga mau. Terus sekarang ngomong berbelit-belit gini. Capek gue denger—”

Gue balik motong, “emang bener lo itu jadi ‘mainan’ angkatan kelas tiga? Iya?”

Suasana antara gue dan Manda mendadak sepi. Kami berdua sama-sama diem. Sementara gue, ngerasa bersalah banget karena udah to-the-point, ngelempar pertanyaan yang sebegitu frontalnya. Dasar bibir tolol, udah tau lidahnya jahat, bukannya di rem malah kerjasama. Duh, gimana ini.

Kami diem cukup lama, ada kali lima menitan. Saling buang muka, diseling sama desah nafas berat. Khusus gue, mikir tentang ini semua. Kenapa juga gue mesti bela-belain nyari tau tentang masalah orang. Seenggaknya kan, gue bisa batesin sikap; cuma sekedar tau, ga lebih.

Tapi, sekelebatan ingetan tentang Manda yang lagi nangis di UKS dan kamar mandi itu, ngalahin semua penyangkalan gue. Jelas, logika gue nolak ini semua—kudu repot sama urusan orang. Tapi scene-scene keparat itu terus-terusan nge-replay di otak gue, malah parahnya kayak disinkron langsung ke hati. Rasanya dag-dig-dug, nyesek banget. Dan ironisnya, gue ga tau apa sebab pastinya. It just… something i can’t explain, can’t describe.

“Maaf, aku emosi tadi.” Manda mulai buka obrolan lagi. Yah, suasana jadi canggung deh. “Bukan maksudnya ga ngehormatin Kak Febri, tapi…” dia mulai berdiri, terus ngerapihin pakaiannya, “…tolong hargain privasi aku. Ini hidup aku, masalah aku, dan biarin aku ngejalanin semuanya sendiri. Ga masalah kalo aku harus terus pura-pura enjoy sama semuanya, karena disini, aku yang ngerasain sakit hati dan pedihnya. Bukan orang lain.”

Manda ngelempar senyum manis ke gue. “Jadi, tolong ngertiin aku ya, onii-chan,” tambah dia, ngomong pake nada manja.

Speechless. Gue cuma bisa diem. Entah, rasanya tuh kayak ada banyak kata-kata yang muter-muter di otak, tapi ga satu pun yang bisa dikeluarin bibir. Salah gue sih, ikut campur sama urusan orang, terlalu jauh. Mau sok-sok’an jadi pahlawan kesiangan, lancang ganggu privasi orang. Bego, tolol, naif. Liat kan hasilnya? Yang ada bukannya gue disukain, tapi malah dibenci. Ya gara-gara sikap sok yang gini ini, nih.

Manda pamit, terus ninggalin gue sendirian—dengan gue yang natap kosong ke meja. Anehnya, pandangan gue fokus ke bungkusan plastik putih yang ada di atas meja. Dan firasat gue bilang, plastik ini yang bakal ngasih gue kesempatan kedua.

Mungkin ada sekitar sepuluh menitan sejak Manda ninggalin gue, dan jeda waktu itu gue gunain buat mikir. Iya, mikir tentang banyak hal—terutama tentang hal ‘pahlawan kesiangan’ itu. Emang ada apa sih sama pahlawan kesiangan? Kenapa jadi pahlawan kesiangan itu dibenci? Emang segitunya ya, orang asyik sama hal-hal buruk sampe nolak uluran tangan orang yang berniat nolong? Gue ga ngerti, sama sekali ga ngerti. ‘Jangan ada PK diantara kita’, itu yang sering temen-temen gue bilang dulu.

Buat apa? Biar bisa lebih lama nikmatin hal-hal buruk itu? Kadang gue juga suka mikir kalo lagi nonton bokep 3gp hasil rekaman; apa kita punya hak buat ngeliat badan orang lain meski lewat layar hape, jadiin mereka objek masturbasi sementara kita ga tau mereka suka atau engga badannya dipamerin dalam bentuk rekaman video, disebar dari satu hape ke hape lain. Gimana perasaan mereka? Perasaan sodara-sodaranya? Perasaan orangtuanya? Kadang gue mikir, kita kok kayaknya gampang banget berbuat hal-hal jahat, sementara orangtua mereka aja ga pernah tega berbuat kayak gitu? Ah, hidup ini rumit. Serius deh.

Dan seketika, gue keinget Bokap sama Nyokap. Keinget ekspresi Bokap yang mesti pake senyum palsu ke anak-anaknya tiap abis disindir-sindir sama Kakek dan Nenek gara-gara ekonominya pas-pasan. Senyum palsu yang harus ditunjukkin, demi nyembunyiin sakit hati abis dihina, dan supaya Nyokap engga harus ngerasa bersalah karena sikap orangtuanya terhadap menantunya sendiri.

Atau, pas Nyokap nangis sembunyi-sembunyi di kamar, karena ga kuat sama komentar nyinyir Kakek dan Nenek tentang cari suami yang mapan, yang jelas asal-usulnya, yang punya gelar dan martabat. Ekspresi mereka ada di diri Manda, si cewek rapuh yang pura-pura kuat. Gue bukan ga ngerti gimana rasanya, tapi gue kenal banget sama orang-orang yang sok kuat kayak gitu.

Nah, pertanyaannya, apa lebih baik jadi orang yang cuek dan jaga privasi orang lain biar ga dibilang ‘pahlawan kesiangan’, atau tetep mutusin untuk jadi si ‘late hero’ ini biar ga ada lagi orang-orang rapuh yang lainnya? Iya, cukup orangtua gue aja yang ngalamin. Jangan ada lagi. Terserah mereka mau bilang gue apa, yang jelas, gue ga mau liat senyum maksa itu lagi! Yep, i will definitely save you.

“People might call me scum, trash, garbage, useless, PK, whatever, for what i’m gonna do. Masih lebih baik jadi sampah, daripada ga ngelakuin apa-apa.”

Gue bangun, terus mau ngejar Manda. Minta dia cerita, mulai dari awalnya sampe bisa kayak sekarang jadi bahan bully seksual gini. Gue mantepin hati, udah siap nerima omongan nyinyir dari si adek kelas.

Pas mau ngejar dia, mata gue ngeliatin plastik putih yang ada di atas meja. Terus, gue senyum-senyum sendiri, lalu duduk lagi. Gue nunggu sambil siul-siul, karena somehow, gue yakin Manda bakalan balik lagi kesini. Dan alesan dia balik lagi cuma satu: bungkusan plastik putih yang isinya burger punya dia ketinggalan.

Ga nyampe lima menit nunggu, ada cewek cantik plus manis dengan rambut sebahunya yang berbalut dress biru polkadot, nyamperin gue. Si cewek, senyum-senyum mesem ke gue, terus nunjuk ke bungkusan plastik putih. Hayooo, tebak siapa?

“Ehehehe,” dia cengengesan sambil garuk-garuk kepala, “…ini ketinggalan, Kak. Aku ambil ya, makasih lho udah di traktir. Aku pulang duluan ya, dadaaah~! Sampe ketemu besok di sekolah,” kata dia lagi, kali ini nada ngomongnya udah balik ceria lagi.

“Ntar dulu woy, gue ikut! Masa ditinggal sendiri?!”

Tuh kan, ada kesempatan kedua.

Tapi serius, gara-gara tadi, suasana antara gue dan Manda jadi kaku banget. Selama jalan ke lobi utama di lantai dasar, kita ga ngomong satu kata pun. Beneran kaku, kayak kanebo kering yang dijemur di siang bolong pas musim kemarau. Krispy.

Pas udah sampe lobi utama, gue malah bingung mau ngapain. Coba deh, ini saatnya seorang cowok nawarin cewek yang lagi sama dia buat nganterin pulang. Tapi mesti mulai dari mana? Adududuh, gue kenapa jadi kikuk begini? Mesti sepik apa ini?

“Kak, pulangnya kemana?”

“He? Ga tau nama jalannya sih, tapi hafal rutenya kok. Emang kenapa?”

“Anterin pulang, dong. Lagi males jalan kaki nih, ya ya ya?”

Lha, kocak nih. Kebetulan banget, baru aja gue bingung gimana cara supaya bisa nawarin dia nganter pulang, eh orangnya malah minta duluan. Nyahahaha, bagus deh jadi ga usah ribet.

Gue ngelirik jutek ke Manda. “Tadi aja emosian, gue dibentak-bentak. Sekarang udah manja lagi nadanya, dasar abstrak.”

“Mau nganterin ga?”

“Iye, iye, mau kok. Anterin kemana?”

“Jalan Semar. Deket kok dari sini. Yuk,” kata Manda, sambil narik tangan gue.

Okeee, yuk yuk. Ini weird abis, seriusan. Masa gue ngerasa seneng gimana gitu pas dia narik tangan gue. Eh, ntar dulu. Motor gue masih di parkiran!

“Bentar, bentar, bentar! Motor gue masih di parkiran inih! Masa ditinggal sih?”

Manda mandangin gue, terus mainin ujung rambutnya. Mukanya itu loh, sok polos bener. Eh, tapi emang cocok sih kalo dia mah. “Yaudah, aku nunggu di depan ya?” Dia nunjuk ke tepi jalan raya, “itu tuh, yang disitu. Ingetin ya, senior~”

“Ntar dulu! Kalo gue nyasar gimana? Kalo ga ketemu?” tanya gue, panik. Gue emang rada parno sama daerah baru, ibarat hewan gue itu kurang beradaptasi. “Sini, minta nomer hape, biar kalo gue nyasar jadi gampang konteknya.”

“Bilang aja mau minta nomer, sepik banget ish!”

“Kagak! Beneran ini! Kan kalo motor keluarnya ga lewat situ!”

“Ya lawan arah aja! Ribet amat, sih!”

“Heh! Dikata jalanan warisan nenek moyang, kali! Gue ga punya SIM, kalo kena tilang STNK gue ditahan, tauk!”

Manda terus ngedumel, pake bahasa sunda yang gue kagak ngerti. Abis selesai ngedumel, dia ngeliatin gue, lagi. “Yaudah, mana sini hapenya. Aku kasih nomer aku, tapi jangan disebar, loh! Udah sepuluh kali aku ganti nomer, kalo masih diganggu juga gara-gara nomer aku kesebar, bener-bener deh,” lanjutnya, sambil geleng-geleng kepala.

Oh, ternyata dia juga bisa ngelawan. Meski dengan cara menghindar kayak ganti nomer hape itu ya. “Nih,” gue nyerahin hape, “jangan kasih nomer palsu. Ntar gue ribet nyari lo nya, pe’a.”

Abis tukeran nomer, gue ke parkiran motor sementara Manda nunggu di tempat yang udah disepakatin. Gue ke tempat motor gue diparkir, nyalain motor, terus ke loket buat bayar parkir. Kelar, gue keluar dari tempat parkir, ngendarain motor pelan-pelan. Tapi…

“Tuh kan, keluarnya disini. Ini jalan apa sih?” gue buru-buru liat papan penunjuk arah, “he? Jalan Pasirkaliki? Bukan, bukan ini jalannya!”

Setengah panik, gue nanya orang lewat. Eh dikasih tau, jalan tempat Manda nunggu namanya Jalan Pajajaran, dan buat kesana gue mesti muter balik lewat Pasirkaliki sampe nemu perempatan yang kalo ke kanan setelah muter balik, itu udah Jalan Pajajaran. Sumpah, benci banget gue sama Bandung. Jalanannya ribet, kalo kelewat dikit aja harus muter balik, mana jauh banget lagi! Aaaarrgh!

Dan setelah bermenit-menit dibikin ribet sama jalan, gue nyampe juga di perempatan. Lagi lampu merah, tinggal nunggu lampu ijo terus belok kanan, deh. Tapi kayaknya nanti gue posisinya ada di seberang deh, pilihannya cuma dua: gue yang muter balik atau Manda yang nyeberang. Liat entar, deh.

Pas udah sampe di seberang dari tempat yang disepakatin, gue ngeliat ke arah Istana Plaza. Dan mata gue dengan cepet nangkep sosok Manda yang berdiri di pinggir jalan, dikelilingi sama anak-anak kecil yang baju-bajunya pada lusuh, terus beberapa dari mereka bawa ukulelele (itu tuh, gitar yang kecil, yang cuma ada empat senar). Dari jumlahnya, ada kali sekitar tujuh sampe sepuluh anak.

Gue yang heran, mutusin buat ngamatin dulu. Kenapa Manda kayaknya asik aja ya, ngobrol sama anak-anak kecil itu tuh? Dari bajunya, mereka kayaknya pengamen deh.

Manda ketawa riang, kadang ngajak toss beberapa dari mereka. Ada juga yang rambutnya di usap-usap, sementara yang lain ketawa cengengesan sambil ngobrol sama Manda. Terus, Manda ngasih bungkusan plastik yang ditentengnya ke anak yang paling gede, sambil nunjuk satu-satu ke anak-anak yang lain. Si anak yang paling gede ngangguk sambil ngacungin jempol, terus teriak-teriak pake bahasa sunda.

Serentak, anak-anak kecil yang ngelilingin Manda langsung ngebentuk barisan, memanjang ke belakang. Nah, si anak yang sekarang megang plastik putih ngebagiin burger satu-satu, sampe semuanya kedapetan.

Gue senyum ngeliatnya, terus geleng-geleng kepala, takjub. Ga ada kata-kata yang bisa ekspresiin kekaguman gue sama dia. Yep, i’m speechless.

Gue terus merhatiin mereka, sampe anak-anak pengamen itu pada pergi ninggalin Manda buat ngamen. Terus gue inisiatif nyamperin dia aja, meski emang harus muter balik.

“Tadaaa~! Udah nyampe nih! Yuk.”

“Eh, lama banget. Kirain nyasar, hehehe…”

Weits. Ngeremehin ini cewek. Gue bukan nyasar ya, catet. Cuma kota lo ini yang ribet bener lalu lintasnya. Apa-apa muter sana, muter sini.

“Kirain gue, itu burger buat orang rumah lo. Taunya buat dibagiin ya?”

Manda ngangguk. “Iya, tadi liat ya Kak? Ehehehe, dirumah sih ga ada yang makan gituan. Jadi buat mereka aja, kan sekali-sekali,” jawab Manda.

“Ow, okay. Well done.” Sebenernya gue ikhlas kok traktir Manda, tapi pas gue tau kalo itu bukan buat dia sendiri, gue jadi ngerasa seneng banget. It worth, uang jajan seminggu yang dituker sama perasaan seneng campur kagum ini.

Manda lalu naik ke motor gue, terus gue jalanin motor pelan-pelan. Sesekali, dia ngarahin rute buat ke rumahnya. Dan selama di jalan, banyak hal yang kami obrolin—dan gue interest gimana bisa dia kenal sama bocah-bocah yang suka ngamen di depan Istana Plaza.

“Lo kok bisa kenal mereka sih?”

“Dulu waktu SMP, aku sering mampir ke Istana Plaza. Dan tiap pulang, aku selalu liat anak-anak itu lagi ngamen. Pertama kali kenal, sama yang paling gede itu. Namanya Dana. Dia yang bantuin aku nyeberang waktu abis pulang dari Gramedia. Eh, lama-lama kenal juga sama anak-anak yang lainnya.”

“Terus kenapa bisa akrab banget gitu?”

Manda ketawa, dan suara tawanya renyah banget. “Tau ga, umur mereka itu jauh dibawah aku, tapi udah bisa nyari duit sendiri. Mereka mandiri, dan juga punya banyak pengalaman hidup. Sering aku denger, mereka berkali-kali ditangkep Satpol PP, dipalakin preman, duitnya ilang, atau dimaki-maki orang. Tapi itu ga bikin mereka nyerah buat ngeraih mimpi mereka.

“Dana misalnya, dia punya mimpi jadi guru, supaya bisa ngajarin temen-temennya biar pinter. Atau Ningsih, itu tuh yang anak kecil rambutnya dikuncir itu, pengen jadi dokter hewan supaya bisa ngerawat kucing-kucing kecil yang terlantar di jalanan. Kak Febri nanya kenapa bisa akrab, dan ini jawaban aku: aku ngeliat mereka ga pernah nyerah untuk bermimpi, meski hidup sering ga adil buat mereka. Aku akrab, soalnya aku pengen belajar banyak tentang bermimpi dan berharap dari mereka. Bukan mereka yang belajar dari aku, tapi kebalikannya.”

“Tapi gue heran, lo tau sendiri, hidup ga adil buat lo. Tapi kenapa lo masih bisa peduli sama orang lain?”

“Hidup memang ga adil, tapi bukan berarti kita juga harus ikutan ga adil, Kak. Kita bisa pilih, ikut-ikutan bersikap ga adil dan semua rantai ketidak-adilan ini ga bakal ada habisnya, atau putusin rantai itu, di kita. Kalo anak-anak kecil itu aja bisa tetep senyum meski lagi kesusahan gitu, kenapa aku ga bisa?”

“Oh, jadi itu alesannya lo sering senyum maksa?”

“Ehehehehe,” tawa Manda, “bisa dibilang gitu. Udah ah, ujung-ujungnya kesitu lagi kan! Nanti aku marah-marah lagi, nih!”

Gue seketika ngakak, denger nada ngambeknya. Dia itu lucu, pas lagi ngambek sekalipun. Si cewek ribet ini emang paling bisa bangun suasana.

“Kak, aku mau nyanyi ya. Mau dengerin ga?” tanya Manda.

“Nyanyi ya nyanyi aja, pe’a. Lagi di motor ini, ya mau ga mau gue dengerin, gimana sih?”

“Ish, gitu banget jawabnya. Yaudah, gausah!”

“Lah, kok malah ngambek lagi? Yaudah iya, nyanyi ajaaaa…!”

Tapi Manda diem, ga bales kalimat gue lagi. Suasana yang tadinya ceria, jadi sunyi gini. Kami saling diem, dan gue masih ga ngerti tentang mood dia yang bisa berubah ekstrim gitu.

“…Subete ga owaru youna kyoufu ni senaka wo osaere…”

Eh, dia beneran nyanyi. Liriknya bahasa Jepang ya? Suaranya ternyata merdu banget, enak di dengernya. Lagu yang dia nyanyiin temponya lambat, jadi gue bisa sedikit nangkep liriknya. And thanks to Japanese lesson i learned from the previous school, kuping gue jadi lumayan nangkep setiap kalimatnya.

“Ruisen ga kirau “wakare yo” no go-moji ni rokku wo kakeru…”

“Gue kira lagu apa, eh malah pake bahasa Jepang. Itu lagu siapa, Man?”

Tapi dia ga jawab, malah lanjut nyanyi.

“…Nande nano? Nande nano? Iya iya iya,
Chotto mae no nukumori wo motto motto.
I can’t believe it I can’t understand,
I don’t know what to do I don’t know…”

“Eh, itu reff-nya?” tanya gue.

“Iya. Tiba-tiba kepikiran aja. Liriknya sedih sih, kalo di artiin,” bales dia.

“Owkey… emang itu lagu si—”

Manda motong, “Kak, di depan belok kanan. Terus berenti di baris ketiga sebelah kanan. Rumah aku yang pager coklat.”

Pas udah sampe depan rumahnya, Manda turun dari motor gue. Dia ngajak mampir, tapi gue tolak dengan sopan. Udah sore banget, lagi dari dulu gue diajarin mending pulang sebelum maghrib. Selain itu…

“Yakin ga mau mampir dulu? Rumah aku lagi kosong loh,” Manda nawarin lagi, kali ini sambil ngegoda.

“justru yang kosong-kosong itu, yang bahaya! Kagak! Gue balik, ah.”

“Iya, makasih banyak ya buat hari ini, Kak Febri.”

“Sama-sama lho, gue juga makasih banyak.”

“Eh, buat apa?”

“Ngajarin banyak hal baru. Lo keren, deh.”

“Ahahaha, itu pujian atau ledekan nih?”

Kami ketawa bareng, tapi ga lama. Gue lalu nyalain motor, terus pamit ke dia.

“Kak.”

“Ya?”

“Maaf, hari ini aku belum bisa cerita apapun. Tapi pasti, aku janji, suatu hari nanti aku pasti cerita semuanya ke Kak Febri. Ga apa-apa kan?”

Gue bales kata-kata dia pake senyum. “Oke, siap siap!”

Gue pacu motor bebek gue, keluar komplek perumahan tempat Manda tinggal. Masih ada sejam lagi sebelum maghrib, dan gue harus nyampe rumah cepet-cepet kalo ga mau kena omel monster nyinyir plus cerewet—yang menjelma dalem bentuk Nyokap.

“…why? why? Why? No no no…
More, more of the warmth from the little earlier,
I can’t believe it, i can’t understand
…I don’t know what to do, i don’t know…”

“Gue cuma ga tau itu lagu siapa dan judulnya apa, bukan ga ngerti arti liriknya. Ketauan banget sih kalo lagi galau,” kata gue, ngomong sendiri sambil terus pacu motor bebek gue, ke arah pulang.

Sampe ketemu besok, junior.

***

“Et Cetera, bener ga Bi?” tanya Aurel ke gue.

Gue ngacungin jempol. “Whoaaah, kok lo tau Rel? Gue kira lo demennya sama lagu-lagu K-Pop ala boyband sama girlband Korea doang, secara di Ayodance kan begitu semua lagunya.”

Tak! Satu jitakan mendarat di kepala gue. Lumayan sakit. *hiks*

“Adek gue kan OORers, dan tiap hari kalo lagi dirumah suka nge-play keras-keras musik dari One Ok Rock. Ya, salah satu favoritnya ya lagu itu, Et Cetera. Jadi, gue lumayan hafal sama liriknya, ya walaupun bukan band favorit gue,” jelas Aurel.

Gue manggut-manggut sambil merem, persis kayak shinchan dan bapaknya kalo lagi denger nyokapnya ngomel. “That makes sense, that makes sense. Nah, segitu dulu deh gue ceritanya. Masih ada besok-besok kok, kalo diceritain semuanya sekarang, panjang banget. Bisa kayak cerita bersambung, entar.”

“Wait, one question. Jadi, itu awal mula lo simpati sama dia?” tanya Aurel.

Gue ngangguk. “Gitu deh, ribet pokoknya. Kalo berurusan sama Manda, gue kayak ngeliat dua sisi mata koin yang gambarnya beda-beda. Dia bisa jadi kelam, tapi bisa berubah riang. Bisa marah, tapi sedetik kemudian hepi-hepi ga jelas. Gue masih ga ngerti, kenapa dia bisa begitu.”

“Bipolar disorder, mungkin?”

“Engga sih, kayaknya bukan. Kalo Bipolar kan mood yang bisa berubah dengan ekstrim dari seneng ke depresi, stress, dan suasana hati yang kacau banget. Kalo ini, dia kayak kebalikannya. Dari yang tertekan, jadi bisa mendadak bahagia gitu.”

“Interesting. Bisa jadi bahan buat S2 gue nih, Bi.”

Gue langsung melotot. “Rel, itu orang, bukan objek penelitian. Mau diapain?! Kagak, kagak, kagak!”

Tak!

Gue di jitak lagi, kali ini lebih sakit dari yang udah-udah. Rasanya langsung nyutnyutnyut gitu, nyeri banget di kepala.

“Lo tuh ya, mentang-mentang cuma jadi pacar sementara doang! Romantis sedikit kek, nyenengin pacar sendiri! Terus aja belain tuh kesayangan lo!” maki Aurel ke gue. Dia bahkan ga peduli gue yang kesakitan abis dijitak.

“Ini bukan masalah belain! Tapi kan—”

Aurel motong, “lo ga mau ngaku salah?!”

Deg. Ini cewek kenapa sukses mulu bikin gue takut sih? “I-iya, iya, gue salah…”

“Udah, gitu doang? Ga peka amat!”

“Terus lo maunya gimana, TOGE?!” Hih! Kesel gue lama-lama sama ini cewek. Bener-bener deh, nyebelin parah.

“Fuck me. Baru gue maafin, gimana?”

“MANA ADA ORANG YANG MESTI DIENTOTIN DULU BIAR BISA MAAFIN?! YANG BENER AJA KENAPA SIH?!”

“TERUS LO KEBERATAN GITU?! BEGO BANGET SIH, DITAWARIN YANG ENAK MALAH GA MAU!”

“BUKAN KEBERATAN, TAPI—”

Gue berenti ngomong, tepat pas Aurel nyibak kain bikini yang nutupin toket togenya. Ngasih liat ke gue, salah satu puting susu dia yang merah menggoda, bulet dan keliatan kenyel banget. Gue seketika nelen ludah, ciyus ini reflek. Kaget meeen, tiba-tiba dipamerin toket!

“Tapi apa?” tawar Aurel, sambil kedip-kedip ngegoda.

Gue. Cuma. Bisa. Diem.

Bersambung