Kisahku Saat Ngekost di Bandung Part 43

Part 1Part 2Part 3Part 4Part 5Part 6Part 7Part 8
Part 9Part 10Part 11Part 12Part 13Part 14Part 15Part 16
Part 17Part 18Part 19Part 20Part 21Part 22Part 23Part 24
Part 25Part 26Part 27Part 28Part 29Part 30Part 31Part 32
Part 33Part 34Part 35Part 36Part 37Part 38Part 39Part 40
Part 41Part 42Part 43Part 44Part 45Part 46Part 47Part 48
Part 49Part 50Part 51Part 52Part 53Part 54Part 55Part 56
Part 57Part 58

Kisahku Saat Ngekost di Bandung Part 43

Start Kisahku Saat Ngekost di Bandung Part 43 | Kisahku Saat Ngekost di Bandung Part 43 Start

Layna

Episode V : Conversation Part. II

“Di kampus gue dari semalem, ler..” jawab Radit. “Tidur di lab.. Temen gue ada yang megang kunci lab nya gtu..” lanjutnya lagi seolah tau apa yang mau gue tanyakan.

“Buset deh broo.. Anak anak pada nyariin lo juga..” ucap gue. Kalo bukan karena dia lagi galau sih udah keki banget pasti gue sama anak anak denger dia..

“Iya iya broo sorry..” ucapnya meminta maaf. “Gue cuman pengen menyendiri aja lah semalem tuh.. Biar jernih pikiran gue..” lanjutnya.

“Trus udah jernih?” tanya gue.

“Belom lah.. Hahahahaaa” jawabnya sambil ketawa. Tawanya seperti menertawakan kesedihannya sendiri.

Gue cuman bisa ngegelengin kepala gue aja liatnya.

Tawa Radit menghilang perlahan. Dia lalu menghembuskan nafas cukup kencang. Buat gue itu tanda orang yang lagi banyak pikiran, ya ga sih?

“Elo sama Dosa gimana jadi, dit?” tanya gue hati hati.

Radit mengangkat kedua bahunya. “Putus beneran kali, ler..” ucapnya.

Waduh..

“Masa beneran putus sih.. Lo ga ngontak dia lagi emang seharian ini?” tanya gue.

“Engga.. Gue sengaja matiin hape gue nih dari semalem..” jawabnya.

“Yaahh elo mah, dit.. Elo matiin hape buat apaan coba? Biar Dosa khawatir sama lo klo misalnya dia nelpon lo?” tembak gue. Dan sepertinya tembakan gue lumayan tepat sasaran.

“Anjir dalem bro..” ucapnya pelan. Dia lalu bangkit dari kasurnya dan merogoh saku tas nya. Sebungkus rokok.

Walah?

Gue ga pernah liat Radit ngerokok..

“Lo sejak kapan ngerokok, dit?” tanya gue kaget dan bingung.

“Sejak semalem, ler..” Jawab Radit sambil mengeluarkan sebatang rokok dari bungkusnya. Kemudian dia menyalakan rokok tersebut.

“Uhuk uhuk uhukkk” Batuknya saat menghisap asap dari sebatang rokok tersebut.

“Kata orang orang rokok itu obat galau..” ucapnya saat batuknya mereda. “Tapi kok gue ga ngerasa gtu yaa?” lanjutnya sambil menatap gue dan sebatang rokok yang sedang ia pegang.

“Gausah gegayaan makanya lo..” dumel gue.

“Abis gue bingung, ler..” responnya kemudian mencoba menghisap kembali rokok itu dan berjalan mengambil gelas untuk dijadikan asbak.

“Emang lo ga sayang apa sama cewe lo?” tanya gue serius.

“Ya sayang lah, ler..” jawabnya cepat.

“Ya tunjukkin dong ke Dosa.. Jangan ngomong ke gue doang!” nada gue sedikit mengeras.

“Dia tau lah pasti kalo gue sayang sama dia..” Jawab Radit.

“Mana ada.. Dia sekarang tuh pasti nganggep elo egois, Dit! Elo ga mikirin apa yang dia rasain sama sekali, yang lo pikirin cuman yang lo mau doang!” Gue semakin gencar menekan Radit.

“Gue ga egois ya..” ucapnya berusaha menepis tekanan gue. Tampak dia berusaha untuk tetap tenang.

“egois lah itu!” tekan gue lagi sambil menunjuknya.

“Gue ga egois!” jawab Radit. Dia menepis jari gue yang menunjuknya. Nadanya berada di ambang batas emosi.

“Terus apaan lo kalo bukan egois?” tanya gue lagi kembali menunjuk Radit.

Radit ga menjawab.

“Apaan, dit? Coba kasih tau gue apa namanya kalo bukan egois? Hah?” Gue terus memancing Radit.

“DEWASA, LER! DEWASA!!” Akhirnya emosi Radit kepancing. Dia lalu bangkit berdiri.

“GUE SAYANG SAMA DOSA! TAPI INI MIMPI GUE, LER! INI YANG NENTUIN MASA DEPAN GUE! YAKIN BANGET GUE SAMA PILIHAN GUE SEKARANG!!”

Kata katanya terdengar tegas dan lantang. Gue cuma bisa menatap Radit yang lagi emosi dan ngebiarin dia numpahin semua uneg uneg yang ada di pikiran dia sekarang

“GUE GA PENGEN PUTUS SAMA DOSA! DIA ITU YANG TERBAIK BUAT GUE! DIA YANG GUE MAU JADI PENDAMPING HIDUP GUE, LER!!”

Bagus, Dit.. Keluarin terus semuanya yang ada di pikiran lo..

“TAPI DOSA HARUS BISA NGERTI KEPUTUSAN GUE.. INI HIDUP GUE.. MASA DEPAN GUE!!”

“Terus, dit, kalo misalnya Dosa tetep ga mau ngerti gimana?” tanya gue pelan.

Radit tersentak mendengar pertanyaan gue. Nafasnya tersengal sengal karena menumpahkan semua emosinya dengan teriakan. Gue bisa ngeliat emosinya mulai berangsur tenang. Dia kemudian kembali duduk di kasurnya.

“Yaa kalo.. Kalo Dosa ga bisa ngerti juga..” Suara Radit kembali normal. Nafasnya kembali teratur. “Berarti dia bukan yang terbaik buat gue.. Mungkin emang udah yang paling bener sih kalo kita putus..” lanjutnya lagi dan sampai pada kesimpulan yang cukup pahit.

Pandangannya kosong menatap lantai. Tak lama kemudian dia tersenyum sendiri dan menggelengkan kepalanya. Dia lalu menghisap rokok itu dan dengan lancar dia keluarin asepnya dari mulut.

“Haha anjir gue ga batuk..” ucapnya sambil tertawa sedikit.

Iba juga sih gue liat Radit kaya gini. Gue tepuk pundaknya.

“Sorry, Dit, tadi gue..”

“Iya, ler, ga apa apa.. Gue tau kok maksud lo..” Jawab Radit langsung menerima permintaan maaf gue.

“Sengaja gue tadi mancing lo emosi supaya lo bisa ngeluarin uneg uneg lo, Dit..”

Gue emang sengaja kaya gitu tadi. Harapan gue adalah supaya uneg uneg Radit busa keluar dan pikiran dia jadi plong sedikit lah paling engga..

“Iya, ler.. Tengkyu.. Semenjak gue mikirin buat cabut ke Jakarta, gue ngerasa ga bisa cerita ke anak anak karena gue takut lo pada ga akan ngerti alasan gue..”

“Yah, Dit.. Gue sama Tom mah pasti dukung lah masa temen mau sukses ga didukung..” Jawab gue. “Tapi at least lo omongin lah sama Dosa.. Masa cewe lo sendiri ga tau..” lanjut gue.

“Ya kan lo liat sendiri, ler, gimana jadinya semalem?” Jawab Radit. “Gue ga mau ngomong ke Dosa karena gue tau reaksi dia bakalan kaya semalem, ler..” Lanjutnya.

“Ya soalnya elo ga ngasih tau dia dari awal.. Wajar lah dia shock banget kaya gitu, Dit..”

Radit terdiam denger jawaban gue.

“Gue ga pengen putus, ler, sama dia.. gue tau banget Dosa pasti minta putus kalo gue kasih tau gue mau balik ke Jakarta.. Mungkin karena itu juga gue ga pernah ngomongin ini sama dosa..” Jelas Radit. “Gue pengen nikmatin hari hari terakhir gue sama Dosa selama mungkin, ler, sebelum akhirnya putus..”

Akhirnya jelas juga kenapa Radit ga mau ngomongin ke Dosa.

“Yaampun, Dit.. Elo kenapa yakin banget Dosa minta putus sama lo coba?” Tanya gue. Radit baru mau ngejawab sebelum gue potong. “Gara gara sebelom sama lo Dosa putusnya diselingkuhin pas LDRan?” Tanya gue dengan nada yang ga seperti pertanyaan, tapi lebih ke konfirmasi.

Radit kaget begitu denger gue ternyata tahu masa lalu Dosa.

“Kok elo..”

“Diceritain Ayi gue..” Jawab gue cepet.

“Oohh..” Respon Radit. Dia tampak mikir sejenak sebelum akhirnya kaya sadar sesuatu. “Gile.. Elo sama Ayi udah deket banget kayanya, ler..” Kata Radit beralih topik.

Gue langsung ketawa.

“Lo udah jadian?” Tanyanya.

Jawaban gue cuma ngangkat alis beberapa kali aja.. Ngeliat jawaban gue, Radit menggeleng gelengkan kepalanya sambil setengah tertawa.

“Luar biasa banget dah temen gue yang satu ini!” Ucapnya. “Gercep (Gerak Cepat) juga lo yaa?!”

“Iya laahh.. Ada lampu ijo masa gue lama lama.. Keburu merah dong ntar.. Ye gaa?” jawab gue bangga.

“Tai banget analogi lo, jing!” Kata Radit tertawa. Gue juga ketawa.

Yaaa.. At least Radit udah bisa ketawa lah sekarang..

“Padahal nih ya..” Radit kembali ngomong saat tawa kita usai. Dia berhenti sejenak untuk mematikan rokoknya yang sudah tinggal sedikit ke gelas, kemudian mengambik sebatang rokok yang baru dan menyalakannya. Saat rokok itu udah nyala, Radit melanjutkan kalimatnya.

“Gue tadi tuh udah mau minta elo buat jagain Dosa kalo seandainya gue putus dan udah di Jakarta..”

“Apalagiiii ini..” Jawab gue.

“Maksud gue kan seandainya nanti gue di Jakarta.. Gue ga pengen Dosa ga ada yang jagain, ler.. ” Kata Radit. Dia terus natap gue dengan serius.

“Elo janji ya, ler, kalo misalkan gue kenapa kenapa, elo bakalan jagain dia.. Seandainya kalian berdua jadian pun, gue rela kok, ler! Karena kenapa? Gue percaya sama lo, pasti lo bisa jagain Dosa..” tutupnya kemudian gantian menepuk pundak gue.

“Ah elo mah ada ada aja deh.. Lagian ntar Ayi gue kemanain tolol?” respon gue aga ga percaya Radit ngomong gtu.

“Ya kan itu KALO seandainya gue kenapa kenapa..” jawab Radit enteng.

“Yailah, dit.. Omongan lo kaya orang sekarat aja dah..” respon gue mencoba mencairkan suasana. Radit tersenyum tipis akan candaan gue. Tapi gue bisa ngeliat dari matanya kalo dia serius.

“Serius gue, ler..” ucapnya singkat.

Gue menghela nafas gue. Sebenernya gue paling ga suka harus janji kaya gini.. Ga perlu janji juga itu udah jadi kewajiban gue sebagai temen lah.. Tapi biar Radit tenang, gue ikutin aja deh.

“Iyeeee.. Selow broo!” jawab gue.

Radit menganggukkan kepalanya.

“Gue ga kaget sih, ler, lo sama Ayi jadian.. Tapi yang gue heran.. Elo kenapa ga sama Yully aja sih?” Tanya Radit sambil menghisap rokoknya.

Gue baru mau ngerespon tapi Radit langsung motong gue.

“Iya gue tau jawaban lo apaan, ler..” ucapnya memotong. “Tapi nih yaa.. yully tuh klo gue liat dari gelagatnya, kayanya demen, ler, sama lo.. Serius gue!” lanjutnya sambil menghembuskan asap.

Gue terdiam denger Radit ngomong seyakin itu.

Masa sih?

Yully?

“Eh.. Elo macem deket banget sama Yully aja pake sok sok ngomong ‘dari gelagatnya’ segala.. “ Gue berusaha menepis Radit.

“Ya ga deket deket banget sih.. Tapi gue kadang suka ngeliat aja gelagat orang orang.. Biar gue gampang interaksi sama orang tersebut.. Kaya misalnya Tom tuh anaknya suka banget becanda, jadi kalo ada sesuatu yang lucu, pasti gue ngomong itu duluan ke Tom.. “ Radit mencoba menjelaskan.

Gue mencoba mencerna apa yang Radit baru katakan. Ini anak bener bener ga cocok jadi anak tekhnik nih..

“Terus kalo Yully?” Tanya gue.

“Ya kalo Yully tuh gue ngeliatnya cewe pinter banget.. Pengetahuannya luas dan cara berpikirnya logika banget.. Percaya diri dia tinggi, kalo ngomong kaya udah diperhitungkan banget kata kata yang mau keluar dari mulut dia, pokoknya kaya cewe yang berjiwa kepemimpinan gitu laahh.. “ Radit kembali menjelaskan.

Hmm.. Yaa yaa itu Yully banget sih..

“Terus gelagat yang bikin elo narik kesimpulan kalo dia suka sama gue itu apaan?” Tanya gue ga sabar buat denger jawabannya.

“Nah.. Mulai dari yang paling simple aja deh.. Cara dia natap elo.. Cara dia perhatian sama lo.. Cara dia dengerin lo ngomong.. Itu ditambah lagi sama kalo Yully lagi ngobrol sama lo.. Gue sering ngeliat dia berbanding terbalik sama deskripsi gue tadi buat dia.. Kaya ga pedean, suka salah tingkah.. “ Kata Radit.

Jawabannya membuat gue jadi memikirkan saat saat gue bersama Yully dulu. Berusaha mengingat ingat Yully yang ga pedean, Yully yang salah tingkah, Yully yang suka salah ngomong.. Gue mencoba mengingat gimana cara dia natap gue, cara dia ngobrol sama gue.. Apapun yang bisa gue analisa kebenarannya..

Masa iya sih, Yul?

Gue ga percaya ah..

“Gugup, ga pedean, sama salah tingkah tuh ya tanda tanda orang tertarik sama orang lain.. Gitu sih gue mikirnya.. “ Kata Radit. “Apalagi gue sering banget ketemuan sama Yully sebelum dia balik ke Jakarta.. “ Lanjut Radit.

“Hah? Ngapain lo?” Tanya gue kaget.

“Si Dosa sih tepatnya yang lebih sering ketemu Yully.. Biasalah cewe, suka curhat curhatan gitu lah.. “ Jawab Radit enteng. “Dari situ gue jadi merhatiin gelagat Yully.. Dan setiap kali gue ngeliat Yully lagi sama elo, gelagat dia suka berbanding terbalik.. Makanya gue bisa ngambil kesimpulan kalo Yully tuh su—“

“Ah yakali deh, Dit.. “ Gue langsung memotong Radit. Ga percaya gue.. Selama ini gue ngerasa Yully ga berubah ah kalo ngobrol sama gue.. “ Tepis gue. Sejujurnya gue ga tau.. Gue sama Yully udah temenan terlalu lama buat gue bisa ngeliat dia jadi cewe gue. Rasanya kaya ga bener aja.. Kaya pacaran sama adek gue sendiri.. Ya kali??

“Yaa.. Itu terserah lo sih.. Gue sih Cuma menyampaikan apa yang gue pikirkan aja.. Semoga aja elo ga nyesel.. Gue udah ngasih tau yaa.. “ Kata Radit.

“Iyee.. “ Respon gue. Di kepala gue masih berusaha memikirkan apa yang Radit bilang.

Yul.. Beneran ga sih ini?

“Nih ya, Ler.. Semua orang di dunia berusaha mati matian buat dapetin pasangan yang bisa ngertiin lo kaya sahabat terbaik lo sendiri.. Elo ga perlu usaha, udah ada satu.. Jangan sampe elo nyesel.. “

Perkataan Radit tadi membuat gue terdiam.

Secara logika sih.. Emang bener.. Pasangan yang paling pas itu ya pasangan yang bisa ngertiin elo kaya sahabat sahabat lo bisa ngertiin elo.

Dan gue sendiri kalo nyari pasangan pasti harus nge-Klik..

Yully bukan Klik lagi sama gue.. Yully sama gue itu udah ‘Klop’.

Tapi..

Dia itu temen gue..

Bukan temen biasa..

Temen dari kecil..

“Nih ya, Dit.. Gue sama dia itu udah temenan dari kecil, bro!” Ucap gue.

“Terus?” Tanya Radit.

“Ya terus kalo misalkan nih, gue jadian sama dia.. Dan ternyata kita ga cocok dan akhirnya putus, bakalan awkward banget pasti kalo gue ketemu dia setelah itu.. Gue ga mau sampe kaya gitu, Dit.. “ Jelas gue.

Radit menganggukkan kepalanya mendengar argumen gue.

“Bener ga? Sekarang gini aja, elo putus sama Dosa, pas ketemu dia lagi gimana tuh canggungnya? Itu baru sama cewe yang belom elo kenal lama.. Apalagi kalo putus sama yang udah kenal lama banget, Dit.. Gue ga mau ngambil resiko itu.. “

Radit menghisap rokoknya perlahan, kemudian menghembuskan asapnya ke langit kamar.

“Itu kalo putus, Ler.. Kalo engga?”

Pertanyaan itu kaya sambaran petir ke otak gue. Seluruh badan gue langsung kaya ga berfungsi.

“Weiyyyy sianjiingg udah balik!” Teriak Tom dari luar kamar Radit.

“Oiy, Tom!” Sapa Radit. “Masuklah sini.. “ Lanjutnya mengundang Tom masuk.

“Wah elo kemane aje dicariin dari semalem? Kaga balik lo ya?” Tanya Tom yang udah masuk ke kamar Radit. “Dia kapan baliknya, Ler?” Tanyanya kepada gue kemudian.

“Belom lama.. Sejam lah palingan.. Gue pengen menyendiri aja Tom abis semalem..” Jawab Radit mewakili gue.

“Oh gitu.. Terus elo gimana jadinya sama Dosa?” Tanya Tom yang duduk bersila disamping gue. “Eh njing elo ngerokok sekarang?” Tanyanya lagi saat melihat sebatang rokok di tangan Radit.

Radit mengangguk sambil tersenyum malu. “Biasalah, galau broo.. “ Jawab Radit. “Yaahh begitulah sama Dosa.. Ini gue barusan cerita cerita nih sama Beler.. Eh elo tau ga Beler sama Ayi jadian?” Radit langsung ngegosip.

For the records, Cowo juga ngegosip lhoo..

“Iye tau gue, Dit..Orang tadi pagi ada Ayi di kamar dia.. “ Jawab Tom sambil mendorong pelan pundak gue.

“Wah serius lo?” Radit terbelalak dan menatap gue. “Jangan bilang lo sama Ayi udah..??” Radit tidak melanjutkan kalimatnya.

Gue mengangguk pelan sambil sedikit tersenyum.

Gue belom bisa banyak ngomong gara gara apa yang Radit bilang soal Yully..

“Wah gelo siaaahh! (Gila lo! ) Temen lagi putus, dia malah mesum.. “ Canda Radit disusul tawa renyah dari mereka berdua.

“Sialan lo.. Kesannya gue ga peduli amat sama temen.. “ Jawab gue membela diri.

“Selow broo.. Ngerti laahh gue.. “Jawab Radit sambil ngerokok.

“Kan kampret yaa.. Yang jadian gue yang mesum dia.. “ Canda Tom.

“Makanya deketin cewe jangan kelamaan!” Jawab Radit kemudian kembali tertawa.

Karena ada Tom, suasana jadi ga sedih lagi. Seperti biasa Tom selalu bisa bikin suasana jadi lebih hidup dan ceria. Meskipun pada akhirnya Radit cerita lagi apa yang dia rasain soal keputusan dia buat balik ke Jakarta dan hubungan dia sama Dosa yang diambang putus, suasana ga seserius saat gue sama Radit berdua sebelumnya.

Apa yang barusan gue obrolin berdua sama Radit soal hubungannya sama Dosa kurang lebih terulang kembali supaya Tom bisa ngasih opini dia juga. Dan Tom juga berpendapat sama kaya gue, Radit paling engga harus ngomong lagi ke Dosa, karena belom tentu Dosa mau putus karena LDRan. Radit masih ragu buat ngomong ke Dosa.. Dia takut Dosa ga mau ngomong sama dia dalam waktu deket ini dan keburu Radit balik ke Jakarta.

Tapi itu semua ga terjadi.

Karena waktu kita lagi berusaha mendorong Radit untuk nelpon Dosa, orangnya muncul di depan pintu kamar Radit bareng Ayi.

“Sa-sayang.. “ Lirih Radit yang nampak kaget melihat Dosa.

Gue nyenggol pundak Tom untuk mengisyaratkan dia supaya kita berdua keluar dari kamar dan membiarkan Dosa dan Radit ngomong berdua.

“Kita di kamar gue ya, Sa.. “ Ucap gue pada Dosa dan mengajak Ayi dan Tom ke kamar gue. Dosa mengangguk dan menutup pintu kamar Radit.

Bersambung

END – Kisahku Saat Ngekost di Bandung Part 43 | Kisahku Saat Ngekost di Bandung Part 43 – END

(Kisahku Saat Ngekost di Bandung Part 42)Sebelumnya | Selanjutnya(Kisahku Saat Ngekost di Bandung Part 44)