Ceritaku Saat Jadi Pilot Part 23

Part 1 Part 2 Part 3 Part 4 Part 5 Part 6 Part 7 Part 8
Part 9 Part 10 Part 11 Part 12 Part 13 Part 14 Part 15 Part 16
Part 17 Part 18 Part 19 Part 20 Part 21 Part 22 Part 23 Part 24
Part 25 Part 26 Part 27 Part 28 Part 29 Part 30 Part 31 Part 32

Ceritaku Saat Jadi Pilot Part 23

Start Ceritaku Saat Jadi Pilot Part 23 | Ceritaku Saat Jadi Pilot Part 23 Start

Jam 11.00 malam .. aku terbangun kebelet kencing … ketika ku bangun .. kulihat dinda tidur lagi disebelahku … aku pun hanya bergerak perlahan dan pergi ke toilet … tak lama kemudian, aku kembali ke kasur dengan cara yang sama .. ku lihat wajah lelah dinda sedang tertidur .. tak lupa ku elus-elus pipinya sembari dia tertidur pulas …

ke esokan paginya … dinda bangun seperti biasa .. lebih awal dariku … aku pun bergegas mandi dan sarapan .. ku lihat waktu sudah menunjukkan pukul 6.30 .. aku pun sudah berpakaian rapi menggunakan kemeja putih, dasi hitam mengkilat dan celana kain hitam bersama sepatu pantofel ku .. kletak kletak kletak .. suara sepatu menuruni tangga …

dinda sedikit terdiam terpana melihat pakaian ku serba rapi .. aku pun hanya membalas tersenyum kepadanya … ku nikmati sarapan pagi itu dengan penuh kegembiraan … hari ini test ku … aku pasti bisa .. yeaahhh (^_^)9

jam 7.00 pagi .. aku bersiap ke bandara diantar oleh dinda … kami pun berangkat langsung melewati tol .. aku tak mau kejebak macet pagi hari … 25 menit kemudian kami sampai di bandara juanda … ketika aku hendak berpamitan ke dinda .. dinda langsung menghampiriku dan mengecup pipiku …

Dinda : semangat ya mas …

Me : emmm .. makasih yaa… aku pergi dulu … jawabku langsung

aku pun segera pergi ke dalam bandara utk checkin … dinda pun berbalik pulang … kulihat sudah jam 7.45 .. aku segera menuju pintu gate ku yang tertera di tiket … huuuufffttt … aku hanya menarik nafas panjang .. entah kenapa terasa gugup … gugup ini bukan grogi tapi semangat … akhirnya … sedikit harapan sudah mulai muncul .. aku harus mendapatkan salah satu panggilan dari maskapai ini .. gumamku …

ketika aku duduk di ruang tunggu .. ku lihat ada seorang wanita duduk diseberangku … dia menatapku .. tapi aku cuek aja … sesekali ku lirik tapi dia malah buang muka … pfftttt sok jual mahal ah hahahaaa aku pun tak menghiraukannya lagi …

8.30 kami sudah dipersilahkan menuju pesawat .. kali ini pengecekan terakhir .. makanya rada lama .. karena setiap penumpang dicek satu-per-satu tiketnya tanpa ada yang terlewat .. jika ada salah satu penumpang ternyata salah tiket .. tentu akan terdeteksi disini ketika kita ingin keluar dari bandara ke pesawat .. aku pun hanya berjalan santai seperti biasa …

8.45 aku sudah duduk di kursi ku … ku simpan tas punggung ku di bagasi atas .. tak banyak barang yg kubawa hanya 1 tas punggung saja .. tak lama kemudian .. pramugari mulai mengecek para penumpang dan bersiap lepas landasan tepat waktu …

HARI INI AKU PENUMPANG .. BESOK .. AKU YG PALING DEPAN … HEHE …. (‘-‘)9

tak ada hal spesial dipesawat .. pramugarinya tak ada yg menarik perhatian ku … yah begitulah .. 10.30 pagi .. pesawatku telah tiba di bandara soekarno hatta … aku pun langsung mengambil tas dan turun dari pesawat .. karena tak ada bagasi lainnya , aku hanya pergi ke pintu keluar dan mencari taksi bandara …

setelah memesan taksi bandara di loket .. aku pun langsung pergi menuju tempat aku test .. ketika aku tiba .. ternyata antrian sudah sangat panjang .. aku segera menghampiri meja tempat pendaftaran dan memberitahu identitas ku … kemudian aku pun disuruh menunggu sesaat …

5 menit kemudian aku dibawa oleh penjaga tempat pendaftaran tadi ke ruangan berbeda .. didalam ruangan itu sudah ada 3 orang … ku lihat wajah nya para senior dari maskapai melihatku aneh .. menatap ragu kepadaku … tetapi aku tetap berdiri tegak dan memperkenalkan diri kepada mereka …

1 jam berlalu .. pertanyaan demi pertanyaan dalam test di lontarkan untuk memastikan pengetahuan standar ku .. bahkan ada hal-hal teknis tak terduga yang ditanyakan juga … tentu hal-hal ini sudah diajarkan secara rinci disekolah walau secara global tidak spesifik tiap seri pesawat … karena utk emergency .. step by step hampir sama …

ketika test selesai .. aku diperbolehkan pulang .. hasil akhirnya akan di informasikan via sms/telfon …

huftt… aku pun menarik nafas lega … lumayan juga test di maskapai Emir**s gumamku … para calon pilot lainnya ku lihat masih melakukan beberapa test standar …

aku pun segera pergi dari tempat test maskapai Emirs dan segera pergi ke test selanjutnya di maskapai Singape … lokasi test nya tak jauh ternyata dari lokasi tempat pertama test .. aku hanya berjalan kaki 200 meter dari tempat pertama tadi …

ketika aku sampai … antrian tak sebanyak di tempat test pertama tadi, yang lamar banyak banget .. disini agak sedikit santai .. aku pun segera menanyakan dan menginformasikan kedatanganku ke meja penjaga tak jauh dari tempat test ..

tak lama kemudian aku dibawa kembali keruang test .. huuuuuuhhhh … aku menarik nafas panjang dan berkata .. SEMANGAT (‘-‘)7

pada test kali ini masih sama ada 3 orang bertanya seluk beluk pesawat .. tak seperti test pertama .. 30 menit test kedua ku selesai di maskapai Singap**e … syukur deh semua pertanyaan bisa aku jawab .. gumamku …

aku pun pergi dari tempat test dan mencari penginapan murah dekat tempat aku test .. tak banyak sisa uang yg ada didompetku .. hanya Rp. 750.000 saja … sekitar 300 meter berjalan mencari penginapan murah .. akhirnya ketemu juga .. yah dapet Rp. 100.000/kamar + kamar mandi dalam lagi… lumayan hehe … aku tak mencari kamar yg mewah .. disamping uang pegangan ga banyak .. aku hanya butuh utk istirahat aja .. ga lebih ..

aku pun segera berbaring lelah .. ku lihat sudah hampir pukul 06.00 sore … aku pun melepas pakaianku, aku segera mandi agar badan lebih segar .. 15 menit .. mandi pun selesai dan aku segera menggunakan pakaian kaos oblong dan celana pendek .. aku juga membawa sendal lepek tipis utk ku dikamar atau keluar nanti … ku bereskan semua pakaian kotorku .. dan bergegas keluar untuk mencari makanan … tak jauh dari penginapan ada mamang gerobak jual nasi goreng .. ah pas sekali .. aku sudah terlalu lapar mau nyari makan yg lain .. gumamku

1 porsi nasi goreng ayam + 1 gelas es teh pun tiba … tak sampai 5 menit semua lenyap seketika … ya ampun kelaparan banget hahaha gumamku … utk makanan yg kupesan hanya Rp. 10.000 .. wow .. di US elu cuma dapat roti tawar … haha di indonesia .. elu bisa kenyang … inilah yang buat orang betah di indonesia …….!!!!!! syukuri itu …!!!

aku pun kembali ke penginapan dan berbaring istirahat .. ah kenyang nih .. mantap banget kalau mau tidur … gumamku sendiri … ku lihat tak ada sms/telfon di hp ku … badan ku yg lelah ketika ketemu kasur dan perut sudah kenyang .. tak sampai 2 menit .. aku sudah tertidur pulas ….

ke esokan paginya .. aku masih berbaring dikasur .. waktu sudah menunjukkan pukul 08.00 pagi … aku hanya mengecek hp ku .. masih belum ada notif sama sekali … aku hanya pergi mandi dan segera mencari sarapan …

ah .. pagi kok sepi ga ada yg jualan ya .. gumamku … udh capek jalan muter-muter ga ada yg jualan makanan apa ??? .. huft … aku pun hanya kembali ke penginapan tanpa sarapan sedikitpun … argghhh fuck ….

aku pun menanyakan ke penjaga penginapan … kok ga kefikiran tadi nanya dulu ya ke penjaga nya .. gumamku …

dari penjelasan penjaga penginapan memang tak ada yg jualan dekat sini ketika pagi … aku pun menanyakan untuk meminta membeli makanan .. tentu saja ada ongkos nya ku kasi .. aku malas pergi mencari keluar .. penjaga penginapan pun setuju … dia pun pergi dengan motornya mencari nasi bungkus buat ku sarapan …

10 menit kemudian .. penjaga tersebut kembali membawa nasi bungkus dan teh hangat + air mineral 1 botol ukuran sedang … aku pun mengucapkan terimakasih … dia pun demikian …

aku kembali ke kamar dan menyantap sarapan pagi ku .. setelah ku buka .. ada sayur oseng-oseng kacang panjang .. tempe + tahu + ayam goreng .. ah lumayanlah… ada sendok juga … aku pun sarapan dengan nikmat karena perut sudah terlanjur lapar …!!!

sekitar pukul 11.00 ada telfon .. ternyata dari Emir**s …

——————————

Penelfon : halo .. apa saya berbicara dengan pak michel ??

Me : iya saya sendiri ….

Penelfon : baik pak .. saya dari maskapai Emir**s … kami ucapkan selamat .. bapak lolos test dan resmi diterima sebagai salah satu pilot kami .. tolong pergi ke kantor kami di Gedung XXXXXX … untuk teknis penerbangan dan jadwal akan diinformasikan setelah bapak disini ..

Me : terimakasih atas informasinya .. saya akan segera berangkat ke kantor ..

——————————

wowwwww.. aku lolos .. ye ye aku lolos … ah tapi terlalu awal utk merayakannya … aku segera berkemas-kemas .. ketika sedang menggunakan baju .. tek lupa aku memberi kabar keluargaku ..

——————————

Me : halo ayah … aku lolos di maskapai Emir**s .. ini bentar lagi mau ke kantornya utk cek teknis dan jadwalnya ..

Ayah : mantap nak … selamat ya .. ayah bangga sama kamu .. udah cepet kamu siap2 dan segera pergi ke kantornya … tegas ayahku

——————————

ayahku pun mematikan pangilan tersebut dan aku bersiap-siap pergi ke kantor maskapai Emir**s menggunakan taksi. tak lupa sebelum pergi aku ke meja resepsionis utk membayar 1 malam lagi .. kemudian pergi dari penginapan … sekitar 5 menit menunggu ditepi jalan . akhirnya ada taksi juga yg lewat …

Me : pak antarkan saya ke kantor maskapai Emir**s di daerah XXXXX

Supir : baik pak

mobil taksi pun melaju dengan gesit …. sesampainya aku di kantor maskapai Emir**s, aku pun membayar taksi sesuai di meteran argo taksi … kemudian langsung pergi dalam kantor maskapai …

——————————

Me : halo pak satpam, saya mau tanya utk para pilot baru ketemu nya sebelah mana ya?

Satpam : halo pak .. baik ikuti saya pak …

aku dan satpam pun berjalan ke sebuah ruangan .. ketika aku masuk ,, kulihat ada beberapa orang lainnya.

Satpam : silahkan pak, tunggu didalam, nanti akan diadakan pertemuannya disini.

Me : baik pak, terimakasih ya.

Satpam : baik pak , sama-sama …

Kini satpam pun pergi ke pos nya lagi..

——————————

30 menit aku duduk disini ,, beberapa kali akan ada orang lain masuk ke ruangan kami .. karena ruangannya tidak terlalu besar, hanya ada 10 kursi saja dan semuanya telah terisi saat ini .. kulihat terakhir ada seorang pria paruh baya masuk ke dalam ruangan …

Halo semuanya, saya ucapkan selamat karena telah lolos test dan selamat bergabung ke maskapai Emir**s .. jika ada salah satu dari kalian ingin membatalkan bergabung bersama kami, sekaranglah saatnya, selama anda keluar dari ruangan ini, ini berarti bahwa anda batal bergabung bersama kami.. jelas pria paruh baya tersebut ..

baik .. karena tidak ada yang memilih keluar .. saya ucapkan selamat sekali lagi .. perkenalkan saya Gunawan … mulai hari ini hingga anda terbang nanti, kalian semua tanggung jawab saya. ucapnya tegas …

Silahkan baca secara seksama data pada lebaran kertas yang saya berikan … pak gunawan memberikan berlembar-lembar kertas kepada kami..

Baik .. semuanya sudah dapat ?? jika sudah, silahkan pelajari tiap lembar kertas ini.. ini merupakan surat perjanjian kerja antara anda dan pihak maskapai … saya kasi kalian waktu 30 menit .. pak gunawan pun berjalan pergi keluar ruangan untuk memberi kami waktu ..

aku membaca poin-poin inti dari surat perjanjian kerja itu .. kulihat banyak sekali poinnya .. tapi ini merupakan poin umum dimana loyalitas selama bekerja dituntu … fokus kerja diutamakan … perusahaan tidak mau tahu kemana atau masalah anda apa .. ketika jam kerja .. anda harus profesional .. bla bla bla bla … 3 halaman selesai ku baca dengan serius …

di halaman akhir, disini ada sebuah informasi tentang gaji dan pekerjaan … kita bisa memilih homebase kita dimana .. untuk jakarta sendiri aku lihat tidak ada, yg ada hanya singapore .. yah aq centang di singapore aja gpp … kemudian ku lihat ada beberapa informasi penting :

1. Maskapai kami saat ini hanya memiliki homebase singapore yang paling dekat dengan indonesia, sedangkan jakarta sendiri tidak ada.

2. Penerbangan yang dilakukan dari atau menuju singapore adalah international

3. Selama perjalanan international, semua awak akan menginap paling cepat 3 hari di lokasi tujuan

4. << KHUSUS PILOT BARU >> ketika anda baru menjadi pilot , di dalam grup penerbangan anda akan ditempatkan sebagai co-pilot selama 1 bulan paling cepat atau 3 bulan paling lama. jika anda kami rasa mampu, maka anda akan diangkat menjadi pilot profesional dan membawa pesawat sendiri, jika pada bulan ke-3 kami anggap anda tidak mampu, dengan berat hati kami ucapkan selamat tinggal.

wah mantap juga nih poin ke-4 … fikirku .. terus gimana ya system penilaiannya … ceklek .. pintu terbuka .. pak gunawan kembali ke ruangan kami ..

Pak Gunawan : baik sepertinya sudah selesai membaca nya .. kira-kira ada yang tidak paham .. ??

Me : halo pak .. saya michel .. kira-kira kapan kita bisa mulai .. ??

Pak Gunawan : pertanyaan bagus, anda akan segera mulai bekerja 3 hari dari sekarang, untuk pertemuan awal kita bertemu di singapore langsung, jika ada yang memilih homebase diluar singapore, setelah pertemuan tersebut anda akan diterbangkan ke homebase pilihan anda.

Me : berarti ke singapore kita bayar sendiri dahulu pak ?? benar ??

Pak Gunawan : tepat sekali … apakah ada pertanyaan lainnya .. ??

Edi : halo pak, nama saya Edi … saya ingin menanyakan poin 4 dihalaman terakhir .. ini menjelaskan … bla bla bla bla (menerangkan poin ke-4) .. utk penetapannya apakah sudah diangkat jadi pilot profesional atau tidak gimana pak ??

Pak Gunawan : pertanyaan bagus, ini akan di evaluasi dari manajemen, mulai dari kecapakan anda kerja oleh pilot ketika itu , sikap anda , ketepatan waktu, kedisiplinan dan lain sebagainya .. apa ada pertanyaan yg lainnya .. ??

ruangan hening sejenak dalam beberapa detik …

Pak Gunawan : jika tidak ada pertanyaan ,, maka silahkan kalian berkenalan satu dengan yg lainnya .. saya ingatkan kita disini tim … akurlah satu sama lainnya … sampai jumpa lagi 3 hari dari sekarang …

tak lama setelah Pak Gunawan pergi .. semua orang sudah pergi kecuali aku dan edi …

Me : wah sisa berdua aja .. halo .. aku michel .. salam kenal …

Edi : iya nih .. sombong amat yg lain .. halo juga aku edi .. salam kenal juga …

Me : duh .. seneng banget rasanya keterima disini ya ..

Edi : bener banget .. aku tadi kaget liat gajinya aja hahahaha tertawa nya puas

Me : benar .. utk gaji standar aja $ 10.000 USD/Bulan .. kalau jam terbang tinggi bisa diatasnya .. wow …

Edi : iya tuh .. mantap sekali … oh ya kamu kyk nya bukan asli jakarta ya ??

Me : eh kok tau hehe .. iya aq dari surabaya nih … klo kamu ??

Edi : ah aku dari jakarta kok … kamu inap dimana ??

Me : hmm begitu .. aku di penginapan XXXXXX ga jauh dari tempat test kemarin … ucapku santai

Edi : yah arahnya berlawanan sih, kalau 1 arah tadi bisa aq anter pakai motor …

Me : ah ga usah repot-repot … kalau gitu aku pamit dulu ya.. sampai jumpa 3 hari lagi

Edi : ah oke deh … sampai jumpa 3 hari lagi …

kami pun berpisah … dan aku kembali ke penginapan ku …

[Bersambung]

END – Ceritaku Saat Jadi Pilot Part 23 | Ceritaku Saat Jadi Pilot Part 23 – END

(Ceritaku Saat Jadi Pilot Part 22)Sebelumnya |Bersambung(Ceritaku Saat Jadi Pilot Part 24)